Ini Penyebabnya! Kenapa Buang Air Besar Keluar Darah Seperti Haid?

Apakah Anda mengalami gejala buang air besar keluar darah seperti haid? Apa penyebabnya dan bagaimana cara mengatasinya? Artikel ini akan membahas secara lengkap mengenai masalah kesehatan yang satu ini. Simak informasinya di bawah ini.

Apa Itu Buang Air Besar Keluar Darah Seperti Haid?

Buang air besar keluar darah seperti haid adalah kondisi ketika darah keluar bersamaan dengan tinja saat Anda buang air besar. Tinja yang berdarah ini dapat disebabkan oleh berbagai faktor, mulai dari gangguan pencernaan hingga infeksi dalam tubuh. Gejala ini bisa sangat mengganggu dan menimbulkan kekhawatiran bagi penderitanya.

Penyebab Buang Air Besar Keluar Darah Seperti Haid

Beberapa penyebab umum dari buang air besar keluar darah seperti haid antara lain:

  1. Wasir: Salah satu penyebab umum dari darah pada tinja adalah wasir. Wasir adalah pembengkakan pada pembuluh darah di sekitar anus, yang bisa pecah dan menyebabkan darah keluar ketika buang air besar.
  2. Infeksi Saluran Pencernaan: Infeksi bakteri atau virus pada saluran pencernaan juga dapat menyebabkan darah keluar bersama tinja.
  3. Polip Kolon: Polip kolon adalah pertumbuhan jinak di dalam usus besar yang bisa berdarah dan terlihat seperti darah pada tinja.
  4. Divertikulitis: Divertikula adalah kantong-kantong kecil yang terbentuk di dinding usus besar. Jika terjadi peradangan pada divertikula, bisa menyebabkan darah keluar bersama tinja.
  5. Kanker Usus Besar: Salah satu penyebab serius dari darah pada tinja adalah kanker usus besar. Kondisi ini memerlukan penanganan medis segera.

Cara Mengatasi Buang Air Besar Keluar Darah Seperti Haid

Untuk mengatasi masalah buang air besar keluar darah seperti haid, Anda perlu melakukan beberapa langkah berikut:

  1. Mengonsumsi Makanan Tinggi Serat: Makanan tinggi serat seperti sayuran, buah-buahan, dan biji-bijian dapat membantu melancarkan pencernaan dan mencegah terjadinya sembelit yang bisa memperparah kondisi.
  2. Minum Air Putih Cukup: Pastikan Anda cukup mengonsumsi air putih setiap hari untuk menjaga kelembaban dan kelancaran saluran pencernaan.
  3. Berkonsultasi dengan Dokter: Jika gejala darah pada tinja terus berlanjut atau semakin parah, segera berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan diagnosis dan penanganan yang tepat.
  4. Pemeriksaan Medis Lanjutan: Dokter mungkin akan merujuk Anda untuk melakukan pemeriksaan lanjutan seperti kolonoskopi untuk melihat kondisi usus secara langsung.
  5. Penanganan Sesuai Penyebab: Setelah didiagnosis, dokter akan memberikan penanganan sesuai dengan penyebab dari keluarnya darah pada tinja.

Kapan Harus Mencari Bantuan Medis?

Jika Anda mengalami gejala buang air besar keluar darah seperti haid, segera cari bantuan medis jika:

  • Darah dalam tinja semakin banyak dan terus menerus.
  • Disertai dengan gejala nyeri perut yang hebat.
  • Merasa lemah, pusing, atau pingsan.

Jangan menunda untuk mencari pertolongan medis agar kondisi Anda dapat segera ditangani dengan baik.

Kesimpulan

Buang air besar keluar darah seperti haid adalah masalah kesehatan yang bisa disebabkan oleh berbagai faktor. Penting untuk segera mencari bantuan medis jika Anda mengalami gejala ini. Langkah-langkah pencegahan seperti pola makan sehat dan hidrasi yang cukup juga dapat membantu mencegah terjadinya masalah buang air besar keluar darah. Jangan ragu untuk berkonsultasi dengan dokter untuk mendapatkan penanganan yang tepat.