Hati-hati! Inilah 8 Hal yang Membatalkan Wudhu yang Wajib Anda Ketahui

Hati-hati! Inilah 8 Hal yang Membatalkan Wudhu yang Wajib Anda Ketahui

Wudhu merupakan suatu kewajiban bagi umat Muslim sebelum melaksanakan ibadah seperti sholat. Wudhu dilakukan untuk membersihkan diri dari segala kotoran fisik dan spiritual. Namun, terdapat beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu sehingga perlu diperhatikan agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT. Dalam artikel ini akan dibahas secara lengkap mengenai hal-hal yang dapat membatalkan wudhu.

1. Keluarnya Air Seni atau Kotoran dari Tubuh

Keluarnya air seni atau kotoran dari tubuh merupakan salah satu hal yang dapat membatalkan wudhu. Hal ini termasuk dalam kategori hadats besar, dimana seseorang diwajibkan untuk melakukan wudhu kembali setelah mengalaminya. Dalam hal ini, seorang Muslim harus segera membersihkan diri dan melakukan wudhu kembali sebelum melaksanakan ibadah.

2. Hilangnya Akal

Hilangnya akal atau dalam keadaan tidak sadar juga dapat membatalkan wudhu seseorang. Hal ini dapat terjadi akibat tertidur, pingsan, atau masuk dalam keadaan mabuk. Ketika seseorang kehilangan kesadaran, maka wudhunya tidak sah dan perlu untuk diperbaharui setelah sadar kembali.

3. Sentuhan Yang Membatalkan Wudhu

Ada beberapa sentuhan yang dapat membatalkan wudhu, antara lain:

  • Sentuhan kulit antara suami istri tanpa busana yang mengarah kepada keinginan syahwat.
  • Sentuhan kulit antara dua buah alat kelamin.

Ketika terjadi sentuhan yang dapat membatalkan wudhu seperti di atas, maka seseorang diwajibkan untuk melakukan wudhu kembali sebelum melaksanakan ibadah.

4. Keluarnya Darah Dari Tubuh

Keluarnya darah dari tubuh juga dapat membatalkan wudhu seseorang. Hal ini terutama berlaku bagi wanita yang sedang haid atau nifas. Wanita yang sedang dalam kondisi tersebut tidak diperbolehkan untuk melaksanakan sholat dan diwajibkan untuk melakukan mandi junub setelah selesai dari masa haid atau nifas.

5. Tidak Mengenakan Pakaian

Menurut sebagian ulama, tidak mengenakan pakaian dapat membatalkan wudhu seseorang. Hal ini dikarenakan pakaian dapat menjadi penghalang antara air yang digunakan saat wudhu dengan kulit yang seharusnya dibasahi oleh air wudhu. Oleh karena itu, sebaiknya selalu memperhatikan pakaian yang digunakan saat melakukan wudhu untuk memastikan kebersihan dan kesucian ibadah yang dilakukan.

6. Menyentuh Kemaluan Dengan Tangan Tanpa Sengaja

Menyentuh kemaluan dengan tangan tanpa sengaja juga dapat membatalkan wudhu seseorang. Hal ini berlaku baik untuk laki-laki maupun perempuan. Jika hal ini terjadi, maka segera lakukan wudhu kembali sebelum melaksanakan ibadah agar ibadah yang dilakukan dapat diterima oleh Allah SWT.

Demikianlah beberapa hal yang dapat membatalkan wudhu yang perlu diperhatikan oleh umat Muslim dalam menjalankan ibadah. Semoga dengan mengetahui hal-hal tersebut, umat Muslim dapat lebih memperbaiki kualitas ibadah yang dilakukan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT.